Tips Mengatasi Prokrastinasi

Wednesday, May 14, 2014
Sebagai mahasiswa, kita pasti sering mendengar kalimat ini “Ahh… Tugasnya kerjain besok aja deh. Hari ini kita nonton film dulu.” atau “Tenang aja guys jadwal ngumpulinnya masih lama ini, masih minggu depan kok. Santai aja.”
Bahkan tak jarang kita sendiri yang mengucapkan kalimat itu. Kalimat itu mencerminkan perilaku suka menunda. Hal ini tentu akan membawa dampak negatif bagi mahasiswa. Antara lain menjadi terburu-buru dalam mengerjakan tugas, hasil tidak maksimal, stress, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana solusinya?

Pertama, memotivasi diri sendiri dengan menentukan tujuan. Buatlah tujuan yang ingin diraih. Misalnya ingin menyelesaikan studi dalam rentang waktu 3,5 tahun, ingin segera bekerja, pokoknya yang memotivasi supaya tidak melakukan prokrastinasi.

Kedua, menentukan sendiri target waktu penyelesaian tugas. Buatlah deadline sendiri mengenai penyelesaian tugas. Misalnya dua hari setelah pemberian tugas oleh dosen. Berusahalah untuk semaksimal mungkin memenuhi deadline yang dibuat.

Ketiga, mengusahakan untuk menyediakan waktu khusus setiap hari untuk mengerjakan tugas secara konsisten. Jika terlalu sibuk oleh kegiatan non-akademik, misal mengikuti organisasi atau kerja part time, maka usahakanlah untuk menyediakan waktu khusus guna mengerjakan tugas setiap hari. Misalnya menggunakan waktu selama satu jam setelah bangun tidur. Lakukan hal ini dengan konsisten.

Keempat, mematikan koneksi internet saat mengerjakan tugas. Terlalu asyik ber-chatting ria melalui sosial media seperti facebook, yahoo messenger, twitter, atau bermain game online menjadi alasan penundaan tugas yang paling sering dilontarkan mahasiswa. Oleh karena itu, selama pengerjaan tugas, ada baiknya koneksi internet dimatikan lebih dahulu.

Kelima, yakin atas kemampuan diri sendiri dan hasil tugas yang dikerjakan. Banyak kasus mahasiswa merasa tidak yakin atas kemampuannya dalam mengerjakan tugas. Sehingga muncul kecenderungan untuk menunggu teman yang lain mengerjakan dahulu, atau mengandalkan ‘the power of kepepet’. Karena itu yakinlah dengan kemampuan sendiri untuk mengerjakan tugas. Tidak perlu menunggu teman yang lain mengerjakan lebih dahulu.

Keenam, menempelkan kata-kata motivasi untuk mengerjakan tugas di tempat yang sering dilihat seperti di laptop, pintu kamar, dinding kamar dan tempat-tempat strategis lain yang muda dilihat mata.

Ketujuh, memberikan reward bagi diri sendiri jika berhasil menyelesaikan tugas sesuai target, dan memberikan punishment jika gagal. Tidak ada salahnya menjanjikan hadiah bagi diri sendiri bila berhasil mengalahkan prokrastinasi. Misalnya berjanji akan membeli coklat bila berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu. Tetapi jangan ragu juga memberikan hukuman pada diri sendiri jika gagal. Misalnya tidak bermain game online selama satu minggu.

Pada intinya ketika muncul niatan untuk menunda, segera enyahkan pikiran tersebut dan MULAILAH untuk mengerjakan. Selamat mencoba....

Sumber : http://umk.ac.id/index.php/opini/991-tips-mengatasi-prokrastinasi-oleh-anggi/991-tips-mengatasi-prokrastinasi-oleh-anggi

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca.. Bagaimana menurutmu? Tinggalkan komentar di bawah ini yaa.. ^_^