Kenali Yuk, Apa Sih Prokastinasi?

Tuesday, May 13, 2014
Apa sih prokastinasi?


Pernah gak sih kamu duduk di depan laptop jam 7 malam, berniat untuk nyelesain tugas kuliah pagi besok, terus memasang modem (maksudnya buat nyari jurnal) dan, ups, tiba-tiba jemari kamu spontan mengetik twitter.com.  Kamu berpikir … oke, mungkin cek-cek aja bentar kok–tapi lihatlah ketika jarum pendek pada jam sudah menunjuk ke angka delapan – UPS !!!!!

Gimana? Pernah? Pernah?
Oke, mungkin kita harus jadi orang pertama yang ngaku! Pasti kita pernah kayak gitu bahkan lebih cenderung sering, oke? Bahkan terlalu sering! Kamu pasti paham kan, sewaktu otakmu yang pintar itu berkonspirasi untuk memanfaatkan waktu sebisanya. Kalau kehidupan itu memang untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, maka rumus kebahagiaan itu adalah :


Tugas Selesai + Bisa Main = Bahagia Yang Tiada Tara





Sayangnya, akan berhenti mengiyakan pemikiran kamu yang seperti itu dengan bilang itu SALAH! Baiklah, baiklah, sekarang ayo kita mundur sebentar dan berpikir.


P R O K R A S T I N A S I

 Satu kata yang menjadi momok sekaligus sahabat bagi para mahasiswa. Hmm, kalau berdasarkan pemahaman awam, prokrastinasi berarti menunda pekerjaan yang penting untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang kurang penting atau pekerjaan yang ditujukan untuk pemenuhan kesenangan saja. Dalam kasus mahasiswa, ya membuka Twitter atau facebook di kala deadline sudah sangat dekat. Nah loh!
Tapi mahasiswa selaku pemikir kritis (dan sosok muda yang karismatik) selalu bisa mencari alasan kenapa prokrastinasi mreka masih baik-baik saja, seperti mengatakan itu adalah masalah idealisme, ada kerjaan, dan, ya memang lagi suntuk. Dan kamu tahu? Alasanmu bisa jadi memang benar !!!
TAPI …. ingatlah bahwa pada suatu hari prokrastinasi akan berbalik menghantammu pada realita yang kejam dan, aduh, setelah lama melayang-layang di langit, kita terbang ketinggian sehingga jatuhnya pun menjadi semakin sakit.

Apa sih kata psikologi?
Kami akan memperkenalkan Freud yang entah kenapa menjadi sosok yang amat terkenal di bidang psikologi. Freud menjelaskan bahwa prokrastinasi adalah hasil dari kecemasan terhadap kematian karena kita menghindari tenggat waktu kehidupan. Ada juga yang mengatakan bahwa prokrastinasi sangat berkaitan dengan perfeksionisme karena kita menghindari kegagalan dan merasa cemas dengan standar yang tinggi. Tentu saja, hal ini masih diperdebatkan, kalo kamu tertarik, coba baca disini: >>> klik di sini <<<

Nah, sekarang apa aja yang jadi ciri-ciri prokastinasi?
Menurut Ferrari et al (1995), sebagai suatu perilaku penundaan, prokrastinasi akademik dapat termanifestasikan dalam indikator tertentu dan diamati melalui ciri-ciri tertentu berupa :
            Penundaan untuk memulai menyelesaikan tugas yang dihadapi
            Keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, karena melakukan hal-hal lain yang tidak dibutuhkan.
            Kesenjangan waktu antara rencana yang ditetapkan dan kinerja aktual
            Melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada tugas yang harus dikerjakan (seperti ngobrol, nonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dll)

baca lebih lengkap >>> klik di sini  <<<


Singkatnya, ada beberapa alasan orang bisa berprokrastinasi:
  • Cemas akan melakukan tugas dengan buruk
  • Cemas dengan hasil pekerjaan
  • Tidak menyukai pekerjaan yang ada
  • Bosan
Nah, tapi kenapa ini buruk?
Jelas, karena prokrastinasi akan menambah masalah sehingga kecemasan bisa meningkat. Bayangin deh, kamu mungkin seneng facebookan sekarang, tapi besoknya bisa aja ditegur sama dosen (atau asdos, atau temenmu). Setelah tenggat waktu sudah sangat dekat, kamu baru sadar kalo kamu sudah kehabisan waktu berharga untuk bisa menyelesaikan sesuatu.  Jadi, dobel beban buat kamu.


Oke, jadi setuju kan kalo prokrastinasi itu bahaya. Permasalahannya, gimana caranya bisa mengatasi prokrastinasi. Prokrastinasi itu memang nggak gampang diatasi. Tapi kalau kamu memiliki keinginan keras untuk  mengontrol dan meminimalisir kebiasaan prokastinasi kamu, pasti bisa! so simak postingan selanjutnya dari kami ya..

Semoga bermanfaat. Salam Sukses!

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca.. Bagaimana menurutmu? Tinggalkan komentar di bawah ini yaa.. ^_^